Album Baru @indralesmana 100% Pakai Ipad

Written By Luthfie fadhillah on Monday, November 19, 2012 | 6:23 PM


Musisi Jazz Indra Lesmana memainkan komposisi Jazz di panggung Jakarta International Java Jazz Festival. FOTO : Joanito De Saojoao/SUARA PEMBARUAN

Musisi Jazz Indra Lesmana memainkan komposisi Jazz di panggung Jakarta International Java Jazz Festival. FOTO : Joanito De Saojoao/SUARA PEMBARUAN




Indra Lesmana mempelopori komposisi musik yang 100% digarap menggunakan Ipad.

Indra Lesmana tak pernah berhenti berkarya. Baik itu aransemen komposisi sendiri, maupun karya orang lain. Hal yang sama ia lakukan terhadap instrumen musik. Putra musisi Jack Lesmana ini sejak kecil sudah berkutat dengan musik.

Saat memasuki era digital, yang ditandai lahirnya bermacam-macam gadget, Indra tak melewatkannya. “Apa saja yang bisa dilakukan alat canggih ini?,” kata Indra saat muncul era tablet Ipad.

Apalagi semakin hari semakin banyak aplikasi musik yang dapat diunduh dari app store. Bermacam-macam brand instrumen ternama membangun aplikasi agar bisa diunduh di app store. Indra yang gemar mengotak-atik aplikasi musik, pun membeli berbagai aplikasi. Ia mengeksplorasi kemampuannya, termasuk untuk mengomposisi lagu dan memproduksi rekaman.

Sebenarnya bukan cuma Indra, banyak musisi muda lainnya, terutama yang menggilai gadget, yang memanfaatkan kecanggihan berbagai aplikasi yang ditawarkan secara on line.

“Kalau saya beli aplikasi di app store dan menghasilkan musik yang produksinya dilakukan dengan berbagai aplikasi yang saya unduh, mengapa saya tak menjual hasilnya di app store juga. Bukankah dengan demikian kreator aplikasi dan pihak Apple bisa menyaksikan produk yang dihasilkan aplikasi musik yang mereka tawarkan di app store,” kata Indra kepada Jurnalis Warga Widyasena beberapa waktu lalu.

Lalu Indra Lesmana mengontak perusahaan app developer, Better B. Mereka sepakat membentuk W1K1 yang khusus mewujudkan ide Indra, sekaligus membuka peluang mengembangkan bisnis tersebut.

Luncurkan Indra Lesmana Music App
Dari ide dan jemari lentik Indra Lesmana, lahirlah album “11:11” yang 100% dibuat menggunakan aplikasi musikdi Ipad. Album ini adalah album musik pertama di dunia yang diluncurkan dalam bentuk aplikasi. Album ke-67 Indra Lesmana yang keseluruhan produksinya dilakukan dengan aplikasi di iPad, tidak diluncurkan dalam bentuk CD, maupun bentuk digital selain music app.

Ada versi HD dengan harga US$3,9, dan versi lite yang bisa diunduh gratis. Pada saat diluncurkan tanggal 11-11-2012, aplikasi yang tersedia baru untuk iPad.

Ceruk pasar yang lebih sempit bagi album “11:11” tak membuat Indra khawatir. “Memang perlu waktu untuk membiasakan masyarakat menikmati musik lewat music app,” kata Indra. Dan hasilnya sungguh mengagumkan. Hingga 12 November 2012, sehari setelah diluncurkan, pengunduhnya sudah mencapai 500 orang.

Namun bukan itu yang luar biasa. Pengunduhnya berasal dari Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, Singapura, dan tentu saja Indonesia. Suatu hal yang sulit dilakukan di Indonesia, bila album diluncurkan dalam bentuk CD yang berkendala dalam pendistribusiannya.

Pengunduh Indra Lesmana music app akan dapat menikmati lima lagu, empat video, dua game, dan partitur empat lagu karya Indra Lesmana. Sembari berkelakar, Indra mengatakan bahwa partiturnya tak mungkin salah karena ditulis oleh penciptanya.

Indra Lesmana telah membuat terobosan baru dalam kancah industri musik, dengan munculnya Indra Lesmana music app. Jika dalam industri musik tradisional, orang akan mencari sebuah album baru dari musisi favoritnya ke toko, namun dengan mengunduh music app penggemar tak akan mengalami masalah CD belum masuk, atau sudah habis. "Ini bisa diunduh kapan saja, tanpa perlu pergi ke toko. Syaratnya hanya tersedia layanan jaringan internet," ujar Indra.

Pembajakan yang banyak dilakukan terhadap karya seni, juga dihadapkan kesulitan bila album tersedia dalam bentuk music app.

Bagi musisi, aplikasi seperti yang dipelopori Indra Lesmana music app ini, memungkan sang musisi bisa mengunggah musik ciptaannya atau klip video kapan saja. Nantinya tak lagi dikenal istilah peluncuran album. Musisi atau band bisa mengunggah satu lagu atau beberapa lagu, dan menawarkannya melalui aplikasi yang sudah diunduh oleh penggemar.

Pada malam peluncuran resmi album “11:11”, Indra mengatakan bahwa di masa depan lebih banyak orang menikmati musik melalui smart phone dan tablet. Indra Lesmana music app merupakan pijakan pertama untuk musisi di seluruh dunia menawarkan karyanya kepada masyarakat.

Kreativitas Indra mengulik lagu dan memproduksi rekaman dengan iPad, lalu meluncurkannya dalam bentuk music app adalah sebuah kreativitas yang akan mempengaruhi banyak produksi kreativitas seni lainnya. Ibarat hutan lebat,  Indra Lesmana telah melakukan babat alas bagi industri musik. Inilah tapak baru Indra Lesmana.

Anda sedang membaca artikel tentang

Album Baru @indralesmana 100% Pakai Ipad

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2012/11/album-baru-indralesmana-100-pakai-ipad.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Album Baru @indralesmana 100% Pakai Ipad

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Album Baru @indralesmana 100% Pakai Ipad

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger