Katulampa Siaga III, Warga Bantaran Ciliwung Diharapkan Waspada

Written By Luthfie fadhillah on Saturday, December 22, 2012 | 6:03 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya menyebabkan debit air di Sungai Ciliwung meningkat. Dampaknya, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), debit air di Pintu Air Katulampa sudah memasuki level Siaga III.




Air dari Katulampa akan mencapai Depok dalam waktu empat jam dan tiba di Manggarai sekitar sebelas jam.




"Pada pukul 16.18 WIB ketinggian debit sungai Ciliwung di Katulampa terukur 110 sentimeter sehingga masuk Siaga III," terang Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com di Jakarta, Sabtu (22/12/2012).


Dengan kondisi ini, masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran Ciliwung diharapkan waspada. Pasalnya, banjir kiriman dipastikan akan datang sewaktu-waktu. Apalagi, wilayah Depok dan Jakarta juga diguyur hujan lebat sejak siang hingga sore ini.


"Air dari Katulampa akan mencapai Depok dalam waktu empat jam dan tiba di Manggarai sekitar sebelas jam," kata Sutopo.


Ketinggian debit air di Katulampa pada kondisi normal berada pada level 50 cm. Peningkatan debit hingga level 60-80 cm masuk kategori Siaga IV. Siaga III berada pada level antara 80-150 cm, Siaga II pada level 150-200 cm, sedangkan Siaga I terjadi bila posisi air sudah di atas 200 cm.


Sementara itu, akibat hujan deras yang mengguyuri Ibukota, genangan air terjadi di sejumlah jalan utama. Di depan FX Senayan, Jalan Sudirman, air menggenang sebetis orang dewasa. Situasi serupa terlihat Jalan Tendean, Mampang, di depan Taman Ria Senayan, di sekitar Mal Ambassador, Kuningan, dan di Flyover Karet, Kuningan.


Kondisi lebih parah terjadi Jalan Iskandarsyah, Blok M ke arah traffic light Jalan Pattimura. Pada sekitar pukul 16.00 WIB, kendaraan belum bisa melintasi ruas jalan tersebut lantaran tingginya genangan yang hampir mencapai 0,5 meter.












Anda sedang membaca artikel tentang

Katulampa Siaga III, Warga Bantaran Ciliwung Diharapkan Waspada

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2012/12/katulampa-siaga-iii-warga-bantaran_22.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Katulampa Siaga III, Warga Bantaran Ciliwung Diharapkan Waspada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Katulampa Siaga III, Warga Bantaran Ciliwung Diharapkan Waspada

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger