MS Hidayat: Banjir Rugikan Pengusaha Rp 1,5 Miliar per Jam

Written By Luthfie fadhillah on Thursday, January 17, 2013 | 6:02 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, banjir yang terjadi di Jakarta dalam beberapa hari terakhir menyebabkan pengusaha rugi hingga miliaran rupiah. Tidak tanggung-tanggung, kerugiannya bisa mencapai Rp 1,5 miliar per jam.


"Kalau rugi Rp 1,5 miliar per jam bisa saja, ini karena delivery time-nya terganggu (karena banjir dan macet)," kata Hidayat saat ditemui di kantor Menteri Perekonomian Jakarta, Kamis (17/1/2013).


Menurut Hidayat, hingga saat ini jumlah kerugian yang dialami para pengusaha, khususnya di Jabodetabek, akibat banjir masih dihitung. Apalagi ini juga berkaitan dengan sistem transportasi yang terganggu akibat banjir dan macet tersebut. Dengan kondisi macet dan banjir ini, sistem distribusi pengusaha menjadi terganggu. Imbasnya juga akan berpengaruh pada pendapatan dan laba perusahaan.


Jika kondisi ini terus berlanjut, Hidayat mengkhawatirkan akan mengganggu kinerja dan kontrak perusahaan. "Kalau tidak segera diatasi, ini pengaruhnya bisa ke kehidupan, ada ekstra pengeluaran yang harus dikeluarkan masyarakat. Dampaknya juga nanti ke daya beli," katanya.


Ia mengatakan, Kementerian Perindustrian akan melakukan koordinasi dengan dunia usaha terkait masalah ini. Menurutnya, pemerintah DKI Jakarta memang tidak bisa bekerja sendirian karena hal tersebut menjadi tanggung jawab dari semua kementerian.


Hingga saat ini, beberapa lokasi industri seperti di Pulogadung dan Cikarang masih aman. Semua perusahaan masih beroperasi. Namun, intensitasnya mungkin berkurang karena beberapa karyawan tidak bisa masuk ke lokasi kerja karena terjebak macet dan banjir di jalan dan di rumah masing-masing.


Hidayat meminta kepada dunia usaha untuk menjaga produksi agar jangan sampai terkena banjir. Perusahaan juga diminta menjaga pembuangan sampah agar tidak menyebabkan penyumbatan drainase di sekitar lingkungan pabrik. "Jadi ini bukan natural disaster, tapi hanya masalah sampah. Ini juga dampak bencana lima tahunan, ini memang lebih parah dari yang lalu. Tapi kita akan tinjau ulang semuanya," katanya.












Anda sedang membaca artikel tentang

MS Hidayat: Banjir Rugikan Pengusaha Rp 1,5 Miliar per Jam

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2013/01/ms-hidayat-banjir-rugikan-pengusaha-rp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MS Hidayat: Banjir Rugikan Pengusaha Rp 1,5 Miliar per Jam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MS Hidayat: Banjir Rugikan Pengusaha Rp 1,5 Miliar per Jam

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger