Jokowi Penggagas Pertemuan Gubernur Se-ASEAN

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, September 18, 2013 | 6:03 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Acara Meeting of the Governors/Majors of the Capitals ASEAN digelar demi menyambut perdagangan bebas negara-negara ASEAN pada 2015. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa acara tersebut lahir dari gagasan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.


"Ya, acara ini memang inisiatif Bapak (Jokowi)," ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Hubungan Luar Negeri DKI Heru Budi Hartono di sela-sela acara di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (18/9/2013).


Pertemuan tersebut, kata Heru, berawal dari rencana perdagangan bebas negara di Asia Tenggara. Untuk menggelar pertemuan itu, Jakarta hanya berhubungan melalui sister city dengan Bangkok (Thailand) dan Pnom Penh (Vietnam), negara lain tidak. Pemprov DKI Jakarta berinisiatif memelopori acara itu dan gagasan itu muncul sekitar Januari hingga Februari 2013.


"Sebenarnya undangan ini cepat-cepatan. Kalau kita Pemprov DKI tidak cepat, inisiatif ini akan diambil oleh negara ASEAN yang lain," ujar Heru.


Hal-hal yang dibahas dalam pertemuan itu meliputi sejumlah sektor, mulai dari kerja sama di bidang pariwisata, pendidikan, hingga pembangunan. Pembahasan itu tidak mencakup sektor pertahanan dan keamanan karena sektor itu menjadi wewenang pemerintah pusat.


Hasil dari pertemuan pertama itu, kata Heru, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan antara Senior Officer atau setingkat Sekretaris Pemerintah Daerah masing-masing kota tersebut. Mereka akan membahas lebih detail dan teknis tentang hal-hal yang dibahas pada pertemuan pertama kali untuk memformulasikan ke dalam kebijakan konkret.


"Kita harus cepat karena 2015 itu tinggal satu tahun lagi. Kalau kita tidak mengambil sikap yang profesional secepatnya, dampaknya bukan hanya pusat, tapi Kota Jakarta juga kena," ujarnya.


Acara tersebut dihadiri oleh delegasi dari negara-negara anggota ASEAN, yakni Brunei Darusallam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Masing-masing negara menyertakan 11 delegasi, satu di antaranya adalah kepala daerah. Acara berlangsung mulai hari ini hingga Kamis (19/9/2013) besok.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Penggagas Pertemuan Gubernur Se-ASEAN

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2013/09/jokowi-penggagas-pertemuan-gubernur-se.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Penggagas Pertemuan Gubernur Se-ASEAN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Penggagas Pertemuan Gubernur Se-ASEAN

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger