Angka-angka Menarik Jelang GP Australia

Written By Luthfie fadhillah on Thursday, October 17, 2013 | 6:30 PM





PHILLIP ISLAND, KOMPAS.com - Topik paling banyak dibicarakan jelang GP Australia, akhir pekan ini, adalah peluang Marc Marquez menjadi juara dunia musim 2013. Tetapi, masih banyak fakta lain seputar balapan, yang menarik untuk disimak, sebelum persaingan di Sirkuit Phillip Island dimulai.

300 - Finis kedua oleh Marc Marquez di GP Malaysia, merupakan podium ke-300 bagi Honda di kelas MotoGP.

33 - Marc Marquez hanya butuh total 33 poin dari tiga balapan tersisa untuk memastikan diri menjadi juara dunia, meskipun pesaing terdekatnya, Jorge Lorenzo, selalu menjadi juara di tiga balapan tersebut.

31 - Pebalap MotoGP asal Australia, Damian Cudlin, akan merayakan ulang tahun ke-31, pada hari kualifikasi GP Australia, Sabtu (19/10/2013).

30 - Finis kelima pada GP Malaysia, membuat rider Moto2, Dominique Aegerter, mencatat balapan ke-30 secara beruntun di mana dia selalu meraih poin. Hanya dua pebalap dalam 65 tahun sejarah Grand Prix, yang mencatat kemenangan beruntun lebih lama di kelas menengah, yakni Luca Cadalora dengan 34 dan Andrea Dovizioso dengan 31.

25 - Finis pertama di GP Malaysia adalah kemenangan ke-25 Dani Pedrosa di kelas MotoGP. Angka ini menyamai prestasi Kevin Schwantz, Juara Dunia 1993 di kelas 500cc.

22 - Hari balapan di Australia, Minggu (19/10/2013) adalah tepat saat rider Moto3 asal Malaysia, Zulfahmi Khairuddin, genap berusia 22 tahun.

18 - Pebalap KTM memenangi 18 balapan Moto3 secara beruntun. Hanya Honda yang meraih kemenangan beruntun lebih lama di kelas paling kecil, yakni 19 pada musim 1990 lanjut ke 1991.

17 tahun - Pada hari balapan Australia, akan tepat 17 tahun sejak Loris Capirossi menang untuk kali pertama di kelas 500cc, pada GP Australia di Eastern Creek. Mick Doohan dan Alex Criville bersaing untuk menjadi juara pada balapan tersebut. Tapi dua rekan satu tim tersebut mengalami kecelakaan bersama pada putaran terakhir.

11 tahun - Pada hari balapan di Australia, akan genap 11 tahun sejak Jeremy McWilliams yang mengendarai Team KR Proton, meraih pole position pada MotoGP 2002. Itu adalah kali terakhir pole di kelas primer dari motor dua-tak, dan pole pertama di kelas primer untuk Bridgestone.

8 - Pada GP Malaysia, Marc Marquez mencatat pole position kedelapan-nya, musim ini. Hanya dua pebalap yang bisa mencatat delapan atau lebih pole position dalam satu musim, yakni Valentino Rossi (sembilan pada 2003) dan Casey Stoner (sembilan pada 2008 dan 12 pada 2011).

5 - Phillip Island adalah satu dari lima sirkuit di mana Jorge Lorenzo belum pernah menang di kelas MotoGP. Empat sirkuit lainnya adalah Sachsenring, MotorLand Aragon, Sepang, dan Circuit of the Americas.

5 - Phillip Island juga satu dari hanya lima sirkuit yang belum pernah dimenangi Dani Pedrosa sejak naik ke kelas MotoGP. Dia juga belum pernah menang di Losail, Circuit of the Americas, Assen, dan Silverstone.




Editor : Pipit Puspita Rini















Anda sedang membaca artikel tentang

Angka-angka Menarik Jelang GP Australia

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2013/10/angka-angka-menarik-jelang-gp-australia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Angka-angka Menarik Jelang GP Australia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Angka-angka Menarik Jelang GP Australia

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger