6 Presiden RI Akan Segera Difilmkan

Written By Luthfie fadhillah on Friday, September 5, 2014 | 6:23 PM


Jakarta - Di luar negeri, kehidupan sehari-hari presiden sudah banyak difilmkan. Sebut saja W (2008) karya Oliver Stone, Lincoln (2012) karya Steven Spielberg, atau Mandela: Long Walk to Freedom (2013) karya Justin Chadwick.


Perfilman Indonesia juga pernah membuat film tentang sosok presiden, seperti Obama Anak Menteng (2010) karya John de Rantau, Habibie dan Ainun (2012) karya Faozan Rizal, dan Soekarno (2013) karya Hanung Baramantyo,


Namun bila film itu sifatnya dokumenter, tentu akan lebih menarik dan layak ditonton. Terlebih lagi bila film tersebut dirilis oleh isntansi pemerintahan.


Seusai konferensi pers penyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia 2014 di Jakarta, Kamis (4/9), Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kacung Marijan mengungkapkan bahwa instansi-nya akan segera merilis film dokumenter tentang enam presiden RI.


"Bulan ini akan selesai. Sudah tahap penyelesaian, tinggal disunting. Filmnya mengenai enam presiden RI mulai dari Soekarno sampai Susilo Bambang Yudhoyono," ungkap Kacung.


Film dokumenter ini, kata Kacung, dibuat agar menjadi inspirasi bagi generasi muda, bahwa semua orang bisa menjadi presiden.


"Ambil contoh, Bung Karno adalah anak seorang guru, atau Pak Harto anak petani. Artinya, dalam film dokumenter itu, enam karakter menunjukkan semua orang bisa jadi presiden," katanya.


Oleh karena itu, film dokumenter ini nantinya tidak akan diputar di bioskop melainkan di sekolah-sekolah.


Untuk menggarap film dokumenter ini, Kemdikbud menggandeng sejumlah sutradara, salah satunya Garin Nugroho. Film ini tidak akan menjadi satu kesatuan, melainkan satu presiden dalam satu film. Masing-masing film berdurasi 50 menit.


"Ke depannya, pembuatan film ini akan terus berlanjut. setiap presiden akan dibuatkan dokumenternya. jadi presiden terpilih Joko Widodo juga akan dibuat," jelas Kacung.


Anda sedang membaca artikel tentang

6 Presiden RI Akan Segera Difilmkan

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2014/09/6-presiden-ri-akan-segera-difilmkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

6 Presiden RI Akan Segera Difilmkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

6 Presiden RI Akan Segera Difilmkan

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger