Basuki Beri Toleransi PKL Dagang di Trotoar

Written By Luthfie fadhillah on Thursday, August 15, 2013 | 6:03 PM





JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan kesempatan kepada para pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan di atas trotoar. Meski demikian, keberadaan mereka tidak boleh mengganggu aktivitas pejalan kaki.


Saat ini, Pemprov DKI terus mengawasi keberadaan PKL di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di kawasan niaga tersebut, masih ada sejumlah PKL yang berdagang di atas trotoar, antara lain di sekitar Museum Tekstil, Tanah Abang. Kios PKL di atas trotoar itu tetap dibuka, tetapi tidak sampai menutup jalan.


"Kalau, misalnya, ketemu PKL di jalan, terpaksa berjualan di trotoar dulu. Tapi, kalau mereka nakal dikasih kesempatan berdagang di trotoar, turun lagi, ya pasti kita bongkar," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (15/8/2013).


Toleransi yang diberikan kepada PKL adalah berdagang di atas trotoar tanpa mengganggu kelancaran lalu lintas. Selain itu, kata dia, jangan sampai mereka berdagang turun ke bahu jalan dan kembali menghambat arus lalu lintas. Apabila PKL berdagang di jalan raya dan kembali menghambat kelancaran lalu lintas, Pemprov DKI tidak akan segan mengambil tindakan pidana.


Menurut Basuki, Pemprov DKI akan menertibkan PKL secara bertahap sejalan dengan pencarian lokasi relokasi. Oleh karena itu, ia telah meminta wali kota untuk mengurusi permasalahan PKL yang ada di kawasannya. Selain itu, ia juga meminta wali kota mencari lokasi yang akan digunakan untuk pasar malam.


"Karena PKL ini kan penggerak ekonomi, dan kita harus cari lokasi juga karena mereka juga mau hidup kan," kata Basuki.


Basuki menyebutkan, Pemprov DKI akan mempersiapkan tempat-tempat untuk menampung PKL, seperti taman Waduk Pluit dan ruang bawah tanah Monas. Para PKL yang berdagang di trotoar itu juga tidak permanen dan para pedagang tidak boleh sampai buang sampah sembarangan.


"Nanti dikasih tanda, ini wilayahnya siapa. Kalau sampai kotor, dia yang tanggung jawab. Yang penting prinsipnya di trotoar itu Anda tidak boleh mendesak pejalan kaki sampai turun ke jalan. Kalau pejalan kaki itu ketabrak mobil terus meninggal, bagaimana?" kata Basuki.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















Anda sedang membaca artikel tentang

Basuki Beri Toleransi PKL Dagang di Trotoar

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2013/08/basuki-beri-toleransi-pkl-dagang-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Basuki Beri Toleransi PKL Dagang di Trotoar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Basuki Beri Toleransi PKL Dagang di Trotoar

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger