Jelang Malam Penghargaan, AFI Gelar Karnaval dan Kampung Film

Written By Luthfie fadhillah on Thursday, October 31, 2013 | 6:58 PM


Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) kembali menggelar Apresiasi Film Indonesia (AFI). AFI merupakan pemberian penghargaan kepada karya film beserta unsurnya yang mengacu pada muatan nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa.


Penyerahan Piala Dewantara untuk 18 kategori akan dilaksanakan pada 4 November 2013 mulai pukul 18.30 WIB di Plasa Selatan Gelora Bung Karno (GBK). Sehari sebelumnya, AFI melalui Gerakan Film Indonesia juga akan menggelar Karnaval AFI dan Kampung Film Indonesia.


Ketua Pelaksana AFI 2013 Firman Baso menjelaskan, Karnaval AFI akan dilaksanakan di event car free day mulai pukul 06.00 Wib. "Kita akan memulai karnaval dari bundaran HI hingga Plasa Selatan GBK. Akan ada flash mob dari para pelajar, marching band membawakan beberapa soundtrack film, hingga juggling bola seperti di film 'Garuda di Dadaku'. Beberapa peserta karnaval juga akan mengenakan kostum super hero asli Indonesia seperti Si Buta dari Goa Hantu," kata Firman Baso saat ditemui di Jakarta, Kamis (31/10).


Setelah karnaval usai, acara akan berpusat di Plasa Selatan GBK di area Kampung Film Indonesia. Akan ada hiburan musik, launching buku "101 Movie Guide", hingga workshop sinematografi dan menulis skenario.


"Di pameran nanti, kita akan menampilkan sejarah perfilman dan bioskop Indonesia, biografi tokoh perfilman Indonesia, dan juga lorong waktu film Indonesia yang menampilkan cuplikan film Indonesia dari masa ke masa," ujar Firman.


Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sejarah film Indonesia telah melahirkan kualitas film yang baik. Malam harinya, selain pertunjukan musik dari 7 Kurcaci, Junior Koes Plus dan White Shoes and The Couple Company, akan ada "Cinema Drive In" atau menonton film di layar besar dari atas mobil.


"Kita akan bernostalgia dengan menyiapkan 50-60 mobil kuno dan layar besar untuk memutar film Catatan Si Boy 1 dan Bing Slamet Sibuk," kata Firman seraya menambahkan kalau semua kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jelang Malam Penghargaan, AFI Gelar Karnaval dan Kampung Film

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2013/10/jelang-malam-penghargaan-afi-gelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jelang Malam Penghargaan, AFI Gelar Karnaval dan Kampung Film

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jelang Malam Penghargaan, AFI Gelar Karnaval dan Kampung Film

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger