Menteri Pariwisata Tantang Sineas Buat Film Super Pendek

Written By Luthfie fadhillah on Friday, December 5, 2014 | 6:23 PM


Palembang - Menteri Pariwisata, Arief Yahya menantang sineas Indonesia untuk membuat film berdurasi super singkat yang bisa dinikmati penonton melalui telepon genggam.


Hal itu dikatakan oleh Arief saat menyampaikan sambutan dalam acara penganugrahan Piala Vidia untuk insan pelaku industri film televisi, di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (5/12).


"Ada lagu panjangnya lima menit. Ada orang kreatif membuatnya menjadi 10 detik, dan dinamakan ringback tone. Saya pikir apakah bisa film yang panjang itu bisa dibuat jadi berdurasi sekitar lima menit. Kalau komersil hampir pasti bisa," kata Arief.


Menurutnya, ide itu didasari oleh masifnya penggunaan ponsel oleh masyarakat Indonesia, yang kini jumlahnya mencapai 250 juta. Menurut Arief, sebanyak 30 persen merupakan ponsel cerdas.


"Orang-orang menonton dan akan mudah aksesnya ke handphone. Generasi berikutnya akan sangat personal dan mobile. Ini adalah challange untuk sineas," kata Arief.


Meski mengusulkan pembuatan film singkat, namun Arief meminta agar produksi film panjang maupun sinetron tidak ditinggalkan.


Selain itu, Arief juga mempunyai ide cemerlang untuk menyebarkan film secara merata ke seluruh penjuru Indonesia. Menurutnya saat ini, film hanya dinikmati oleh masyarakat yang di kotanya terdapat bioskop. Sementara, jumlah bioskop di Indonesia masih sangat terbatas.


"Kalau filmnya sudah digital, bisa dengan mudah dikirim dan disetel. Biaya distribusinya tidak akan besar," kata Arief.


Penulis: Rizky Amelia/FAB


Anda sedang membaca artikel tentang

Menteri Pariwisata Tantang Sineas Buat Film Super Pendek

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2014/12/menteri-pariwisata-tantang-sineas-buat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menteri Pariwisata Tantang Sineas Buat Film Super Pendek

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menteri Pariwisata Tantang Sineas Buat Film Super Pendek

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger