Cerita Andien Izin Daur Ulang Lagu Ikonik 90an

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, December 17, 2014 | 6:58 PM


Jakarta - Album Let It Be My Way milik Andien dikerjakan hanya dalam waktu empat bulan. Enam dari sebelas lagu di album barunya merupakan lagu lawas yang kembali dinyanyikan ulang oleh Andien.


Dalam konferensi pers, Andien menjelaskan, perjuangannya untuk mendapatkan izin menyanyikan ulang lagu-lagu ikonik tahun '90an.


"Pada perjalanannya, para pencipta lagu yang lagunya aku daur ulang menyambut baik," kata Andien, Rabu (17/12).


Untuk lagu Astaga karangan James F Sondakh, Andien tidak mendapatkan kesulitan yang berarti. Saat meminta izin, Andien mengobrol selama empat jam dengan James, hingga akhirnya keluar izin untuk menyanyikan ulang lagu yang pernah dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya tersebut.


"Katanya untuk dapat izin dari Oom James F Sondakh ini susah. Tapi ternyata aku dipermudah. Ngobrolnya empat jam. Tapi aku banyak banget dapat ilmu dari beliau," kata Andien.


Lagu Rindu Ini yang pernah dipopulerkan grup vokal Warna juga dianggap sulit untuk mendapatkan izin dari sang pencipta, yang tak lain adalah Anang Hermansyah. Namun, Andien lagi-lagi beruntung karena Anang tidak mempersilit jalannya untuk menyanyikan lagi lagi ikonik itu.


"Aku lumayan ciut awalnya. Waktu proses album baru, tiba-tiba di satu acara, di backstage, aku tanya Mas Anang, dijawab, ya sudah enggak apa-apa," kenang Andien.


Sejak lama Andien ingin menyanyikan ulang lagu Jadikan Aku Pacarmu milik Sheila on 7. Tak perlu keringat untuk memegang izin untuk me-recycle lagu ini. Erros, pencipta lagu ini, menikah dengan keponakan Andien.


"Jadikan Aku Pacarmu ini enggak susah minta izinnya. Erros itu kawin sama keponakanku. Dia kasih izin dan malah dikasih lagu baru berjudul Dan di Radio," kata Andien.


Penyanyi Jazz Andien meluncurkan album keenamnya yang bertajuk Let It Be My Way. Di album ini, Andien menantang dirinya sendiri untuk melakukan eksplorasi terhadap genre musik di luar jazz.


Lagu-lagu lawas yang ada di album Andien di antaranya adalah Astaga yang pernah dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya, Jadikan Aku Pacarmu (Sheila On 7), Rindu Ini (Warna), Satu Yang Tidak Bisa Lepas (Reza), dan Kasih Putih (Glenn Freddly).


Selain enam lagu lama, terdapat lima lagu baru yang dikarang oleh musisi besar seperti Melly Goeslam dan Erros Sheila On 7, yaitu Let It Be My Way, Siapa, Dan di Radio, Masih Bebas, dan Sempurnalah Cinta.


Penulis: Rizky Amelia/EPR


Anda sedang membaca artikel tentang

Cerita Andien Izin Daur Ulang Lagu Ikonik 90an

Dengan url

http://bloggersporting.blogspot.com/2014/12/cerita-andien-izin-daur-ulang-lagu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cerita Andien Izin Daur Ulang Lagu Ikonik 90an

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cerita Andien Izin Daur Ulang Lagu Ikonik 90an

sebagai sumbernya

0 comments:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger